Rabu, 17 Oktober 2012

Bagaimana Menggunakan segmentasi Dalam Strategi Pemasaran ?

Bagaimana Menggunakan segmentasi Dalam Strategi Pemasaran

Segmentasi pasar sebagai kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat heteogen kedalam satuan-satuan pasaryang bersifat homogen.
Faktor yang harus diperitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah segmentasi pasar .

·        Manfaat dan Kelemahan sgmentasi : Banyaknya perusahan yag melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelmpokkan variable tertentu . dengan menggolokan atau mensegmentaskan pasar seperti itu , dapat dikatakan bahwa secara umum peusahan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan yang lebih penting lagi agar operasi peuahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif .

Menggunakan segmentasi pasar adalah untuk membantu perusahan untuk lebih memahami kebutuhan basis dalam pelanggan tertentu . Bila mnggunakan segmentasi pasar , penting untuk menentukan
factor-factor yang akan dipertimbangkan . faktor-faktor yang disebut variable segmentasi .
Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebuuhan , pengunaan , atau jasa .
Memilih variable segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu .

Salah satu cara dalam mengadakan segmentasi pasar adalah dengan membagi segmen pasar berdasarkan Sembilan kategori tersbut :
  • Geografi :segmentasi geogri akan membagi pasar kdalam beberapa baian geografi yang berbeda-beda sepeti Negara , Negara bagian , wilayah , kota , dan desa .
  • Demografi : dibagi menjadi grup-gup engan dasar pembagian seperti usia , jenis kelamin , tingkat pendekatan , tingkat pndidikan , dan agama .
  • Psikografi
  • Sosiocultural 
  •  Semen berhubungan menggunakan cara ekstrim
  •  Segmentasisituasi penggunaan
  •  Segmen benefit
  •  Segmen hybrid
  •  Segmentasi tingkah laku

1 komentar: